Kamis, 02 April 2009

model komunikasi

1.Model laswell
siapa berkata apa melalui apa dengan siapa dan apa effeknya. model ini adalah model komunikasi yang tua yang dikomunikasikan oleh harold laswell (forsdate1981).

2.Model Schram dan Osgood (komunikasi sekuler)
Model sekuler berasumsi komunikator mengirim pesan (encoding) yang akan disampaikan kepada pemirsa, selanjutnya penerima pesan menginterretasikan atau mengartikan (decoding) pesan tersebut. Apabila penerima pesan bereaksi pada pesan yang diterima maka kemudian penerima akan membentuk pesan (encoding) kemudian mengirimkannya kembali.

3. Model Gerbner
Model Gerbner dibagi menjadi 2 bagian :
A. Model verbal mencakup :
A. Komunikator dan komunikan
B. Persepsi
C. Situasi
D. Reaksi fisik/psikologis/sosial
E. Saluran media
F. Distribusi,administrasi
G. Bentuk, struktur, pola
H. Kontek, setting
I. Makna pesan
J. Akibat
Pada dasarnya model verbal mempunyai kesamaan dengan model yang lain.
B. Model gambar
Model ini berfokus pada pemahaman (perseption) dan pendekatan-pendekatan transaksional dan pendekatan psychophysical.

4. Model Shannon
Menjelaskan adanya informasi dari komunikan, pesan tersebut dikemas dan disajikan melalui transmitter kepada pemirsa pesan yang pada konteksnya terjadi gangguan pada pengiriman pesan (noise), pesan tersebut diinterpretasikan menjadi tujuan.

5. Model Newcomb
Model newcomb menggambarkan hubungan komunikasi antara 2 orang tentang sesuatu hal atau yang menjadi perhatian dan persoalan. Pembahasannya dapat dikatakan sebagai model keseimbangan dimana terdapat situasi ”seimbang” dan ”tak seimbang”. Dikatakan seimbang apabila kedua orang mempunyai sikap yang sama terhadap persoalan yang menjadi perhatian mereka, sedangkan tidak seimbang kebalikan dari seimbang yaitu adanya perbedaan sikap dari kedua orang.

6. Model Riley & Riley
Model riley & riley berasumsi bahwa lingkungan mempunyai peran penting dalam mempengaruhi penerima pesan, yaitu komunikan. Hal tersebut menjadikan lingkungan sebagai rujukan (reference) khususnya dalam ruang lingkup keluarga, teman, sahabat, lingkungan masyarakat dll. Rujukan tersebut akan memengaruhi sikap dan perbuatan bagi komunikan untuk menerima pesan yang disampaikan komunikator.

7.Model Berlo
Model berlo berbicara bahwa pesan yang disampaikan bukan terletak pada kata-kata pesan tetapi apa yang disampaikan, kemudian ditafsirkan oleh penerima pesan. Model; berlo memperkenalkan 4 komunikasi satu arah.
Singkatnya sumber (keterampilan berkomunikasi, sikap, pengetahuan, sistem sosial kebudayaan) memengaruhi isi pesan kemudian berpengaruh pula, pada akhirnya menginterpretasikan pesan yang dikirimkan melalui saluran dan pada akhirnya menuju penerima.

7. Model Seiler
Menurut seiler pengirim pesan mempunyai 4 peranan
1. mengartikan
2. menyandikan pesan
3. mengirim dan mengamati
4. respon
model ini menyatakan bahwa lingkungan memppunyai peran atau pengaruh terhadap kualitas pesan yang sampai ke penerima pesan.

8. Model Defleur
Model ini pada dasarnya sama dengan model shannon yaitu source, transmitter, channel, receiver, destination, noise mass medium device, feedback device. Model ini merupakan penggambaran proses komunikasi, semua element tak terlepas dari noise (gangguan). Proses tersebut berputar dari sumber menuju tujuan dan menuju kembali ke sumber.

reference
sendjaja,pengantar komunikasi.jakarta:1993.universitas terbuka-jakarta
jurnal, artikel dan rferensi lain yang relevan

0 komentar:

Ayo Maen Game Dulu !!!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More