Minggu, 05 April 2009

teori komunikasi

Berbicara komunikasi tidak jauh dari proses kamunikasi. Dalam proses tersebut media mempunyai peran penting dalam menyampaikan pesan. Sehinggga timbul berbagai teori-teori komunikasi. Selebihnya akan dijelaskan pada tiap-tiap teori secara singkat.

1.Teori uses & gratification
Teori yang menyatakan bahwa pemirsa secara aktif menentukan kebutuhan-kebutuhannya untuk mencapai kepuasan.

2. Teori Kultivasi
Pemirsa yang mengkonsumsi media pada umumnya televisi menyakini bahwa tayangan-tayangan yang berada dalamnya adalah realitas yang sebenarnya.

3. Teori Pembelajaran Sosial
Media mempunyai efek pada khalayaknya. Hal tersebut dapat berupa pengetahuan dari tidak tahu menjadi tahu dan memengaruhi persepsi untuk menerima atau menolak pengetahuan tersebut.

4. Teori Peluru
Teori peluru dapat dikatakan teori jarum suntik. Teori ini diibaratkan sebagai jarum yang menyuntikan pesan-pesan kepada khlayak sehingga pesan yang disampaikan diterima sepenuhnya. Pemirsa pasif dalam menyeleksi media.

5. Teori Agenda Setting
Media selektif menyaring pesan yang akan ditampilkan dan disembunyikan atau tidak diberitakan.teori inio bertujuan membentuk persepsi publik.

6. Teori Persepsi Terpilih
Komunikasi yang terjadi adalah proses selektif. Kita peduli pada media dan pesan yang kita mau dan inginkan sesuai kehendak kita.

7. Teori spiral of silence
Tori ini beranggapan bahwa orang minoritas mengucilkan diri dari kaum mayoritas serta tidak tanduk atau perbuatan kaum minoritas mengikuti kaum mayoritas serta tidak dapat mengungkapkan pendapat.

8. two-step-flow
two-step-flow adalah teori yang mengatakan bahwa media berada di tangan-tangan orang ke dua yaitu opinion leaders (pemuka agama, ulama, pemimpin desa dll ). Dengan kata lain mdia tidak langsung menerpa pemirsa secara langsung dari lawan dari teori one-step-flow.

Reference:
Ardianto,komala.komunikasi massa.bandung:2007.Simbiosa Rekatama media
jurnal,artikel,blogs yang relevan

Ayo Maen Game Dulu !!!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More