Senin, 30 Juli 2012

Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan



            Donor darah ternyata bermanfat bagi kesehatan pendonornya, berdasarkan langsiran jasionline.com, Selasa (31/7/2012). Berikut manfaatnya :
1.      Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Tahukah anda jikatinggi kadar zat besi di dalam tubuh, akan memicu timbulnya penyakit jantung. Zat besi merupakan bagian dari proses pembakaran kolesterol, dan ini bisa menggangu fungsi pembuluh arteri. Melakukan donor darah akan mengurangi akumulasi zat besi dalam tubuh. Ini secara tidak langsung akan membuat tubuh anda lebih sehat dan bugar. Jika anda rutin melakukannya, donor darah bisa mengurangi resiko panyakit jantung hingga 30%.
2.      Meningkatkan Produksi Sell Darah Merah

Melalui proses donor darah, sel darah merah akan dikeluarkan dari dalam tubuh. Untuk mengganti sel darah merah yang telah dikeluarkan tersebut, tubuh akan memproduksi sel darah merah baru. Ini membuat darah di dalam tubuh anda lebih segar, dan anda akan merasa lebih bugar. Lakukan proses ini hingga beberapa kali dan rasakan manfaatnya.

3.      Melawan Hemochromatosis
hemochromatosis adalah penyakit genetis, merupakan kondisi di mana zat besi dalam tubuh berada dalam level sanagt tinggi akibat metabolisme yang tidak wajar. Kelebihan zat besi sedikit saja bisa mempengaruhi fungsi tubuh, apalagi kelebihan dalam jumlah sangat besar. Ini bisa menimbulkan kerusakan fatal pada organ-organ tubuh. Kondisi ini memang jarang terjadi pada, namun penderita bisa mengurangi dampak dari penyakit ini dengan rutin melakukan donor darah. Walaupun penyakit ini berbahaya pagi penderita, namun tidak bagi penerima darahnya.
4.      Manfaat donor darah 4: Membakar kalori dalam tubuh
Donor darah bisa menjadi media untuk menurunkan berat badan. Tahukah anda bahwa dengan mendonorkan 450ml darah kita, bisa membakar hingga 650 kalori dalam tubuh?
Sebelum anda mendonorkan darah, sebaiknya anda memeriksakan kondisi kesehatan anda. Selain itu ada beberapa syarat lain yang perlu anda penuhi seperti usia di atas 17 tahun, berat badan di atas 45 kilogram, denyut nadi stabil (sekitar 50 – 100 kali/ menit). Donor darah dapat anda lakukan 3 bulan sekali.

Sumber :
                        http://jasionline.com/manfaat-donor-darah-bagi-kesehatan.html
                        foto
http://3.bp.blogspot.com/-1kjlz10Tpko/T4OG_pLjepI/AAAAAAAAACU/SYQdSDShkfM/s1600/donor-darah+%281%29.jpg

0 komentar:

Ayo Maen Game Dulu !!!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More