Jumat, 13 Juli 2012

Mulut Kotor Picu Kanker



           
            Penelitian dari Swedia dalam British Medical Journal Open, melibatkan 1.390 orang antara tahun 1985 dan 2009. Tahap awal mrngidentifikasi kemungkinan akan peningkatan risiko kanker, termasuk menilai kebersihan mulut mereka, ungkap health.kompas.com, Jumat (13/07/2012).

            Setelah kurun waktu 24 tahun, 58 pasien meninggal  dan 35 di antaranya akibat kanker. Mereka yang meninggal secara signifikan memiliki jumlah plak gigi jauh lebih banyak. Indeks plak gigi pada partisipan yang telah meninggal lebih tinggi daripada mereka yang masih hidup.

            Rata-rata usia kematian adalah 61 tahun pada perempuan dan 60 tahun untuk pria.
"Berdasarkan temuan ini, tingginya muatan bakteri pada permukaan gigi dan gingiva selama waktu yang berkepanjangan mungkin memainkan peran dalam karsinogenesis," kata peneliti.

            Namun, penulis mengingatkan bahwa penemuan mereka tidak membuktikan bahwa penyebab plak gigi sebagai penyebab kanker. "Hipotesis penelitian kami melihat buruknya kebersihan mulut, sebagaimana tercermin dalam jumlah plak gigi, dikaitkan dengan meningkatnya kematian akibat kanker," jelasnya.

            "Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah ada faktor kausal dalam hubungan yang diamati," ucap peneliti.

            Plak gigi menandakan buruknya kebersihan mulut dan merupakan sumber potensi infeksi, yang juga punya hubungan dengan masalah kesehatan sistemik.
Sumber :
Foto
http://thonnyrr.files.wordpress.com/2012/05/bau-mulut1.jpg


0 komentar:

Ayo Maen Game Dulu !!!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More