Selasa, 05 Juni 2012

Minuman Pemanis Tingkankan Perempuan Terkena Diabetes.



Penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menyatakan mengurangi minuman manis dapat menurunkan perempuan dari resiko diabetes.

Kesimpulan ini didapatkan dari penelitian selama 12 tahun terhadap kebiasaan konsumsi minum sekitar 83 ribu responden perempuan.

Pemimpin penelitian ini, dr Frank Hu mengatakan, sudah sejak lama diketahui, minuman manis meningkatkan risiko seseorang mengalami masalah diabetes. Sehingga meminum air putih sangat dianjurkan guna menghindari dampak diabetes.

Tetapi, pertanyaan apakah ada pengaruh besar dengan mengganti minuman manis dengan air putih ini terhadap kemungkinan diabetes, masih menjadi pertanyaan. Penelitian ini berusaha menjawab pertanyaan itu.

Hasil riset menunjukkan, dari sekelompok responden itu didapati, sekitar 2.700 di antaranya mengalami diabetes.

Mengenai jumlah air putih yang dikonsumsi perempuan tidak menunjukkan pengaruh besar terhadap risiko terbentuknya penyakit diabets.

Perempuan yang minum air putih lebih dari 6 cangkir per hari memiliki risiko sama dengan perempuan yang minum kurang dari 1 cangkir per hari.

Namun, untuk minuman berpemanis dan jus buah memiliki kaitan kuat dengan risiko diabetes. Diperkirakan, terjadi peningkatan risiko diabetes sekitar 10 persen bagi setiap cangkir konsumsi minuman manis per hari.

Riset mengestimasi, bila perempuan yang terbiasa mengkonsumsi minuman manis atau jus dengan air putih, risiko diabetesnya berkurang 7-8 persen.

Studi dr Hu yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition ini juga menemukan, kopi atau teh yang tidak diberikan pemanis bisa menjadi alternatif pengganti minuman berpemanis.

Riset ini memperkirakan, mengganti secangkir minuman berkarbonasi atau jus buah dengan satu cangkir teh atau kopi tanpa pemanis bisa mengurangi risiko terjadinya diabetes sebesar 12-17 persen.

Menurut dr Hu, studi ini menjadi penting untuk menunjukkan, minuman jus buah bukan pengganti soda atau minuman berpemanis yang optimal.

"Sesungguhnya, jus buah memiliki jumlah kalori dan gula yang sama dengan minuman soda," kata dr Hu.

Intinya, air putih adalah salah satu minuman bebas kalori terbaik untuk dikonsumsi harian. "Bila rasanya terlalu tawar, Anda bisa tambahkan perasan lemon atau limau," kata dr Hu.

Menanggapi hasil penelitian yang tak ia ikuti ini, dr Barry Popkin, profesor di University of North Carolina School of Public Health mengatakan, "Bukan bukti bahwa air putih membantu turunkan diabetes, kecuali untuk hidrasi, tetapi jenis minuman lainnya tadi itu yang berbahaya bagi diabetes."
Sumber :
foto
http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://dedewinasis.files.wordpress.com/2010/04/wanita-minum-air-putih-luar.jpg&imgrefurl=http://dedewinasis.com/tag/minum-air-putih/&usg=__Qk74CwfaMSxakVc3Su0LDBRoF0E=&h=285&w=414&sz=11&hl=id&start=12&zoom=1&tbnid=do-QbeTzYMlj2M:&tbnh=86&tbnw=125&ei=me7NT6jGLYOHrAeN2LyCDA&um=1&itbs=1

0 komentar:

Ayo Maen Game Dulu !!!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More